Kamis, 05 November 2020

Remote Server Debian

 

Remote Server

remote server adalah proses kita melakukan pengendalian penuh terhadap suatu server tanpa bersentuhan langsung dengan server tersebut.


SSH

SSH adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Sama seperti telnet, SSH Client menyediakan User dengan Shell untuk remote ke mesin. Tetapi SSH melakukan enkripsi yang aman antara client dan server.

Memasang Aplikasi Server

langkah pertama sudah pasti kita akan memasang aplikasi untuk Debian 10 kita, disini Debian 10 kita akan menjadi server dan komputer fisik windows kita akan menjadi client. Jadi kita butuh 2 aplikasi yang berbeda untuk masing masing komputer.

  • Komputer Fisik Windows yang kita gunakan untuk menjalankan virtualbox = Sebagai Client
apt-get install openssh-server
Image for post

Konfigurasi Dasar Server

Setelah memasang aplikasi, tentunya langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi server agar bisa kita sesuaikan dengan apa yang kita mau.

nano /etc/ssh/sshd_config
Image for post
edit file konfigurasi dengan nano
Image for post
file konfigurasi default

Mengganti Port

Cari pengaturan # port lalu hilangkan tanda # dan ganti 22 menjadi port yang kalian kehendaki, sebagai contoh saya akan menggantinya menjadi 5689

Image for post
sebelum di ganti
Image for post
setelah menghilangkan tanda # dan mengganti port 22 menjadi 5689

Restart Service!

ingat untuk me restart service setelah melakukan perubahan agar perubahan tersebut dapat di terapkan.

/etc/init.d/ssh restart
Image for post

Uji Coba Remote Server

untuk melakukan uji coba apakah berhasil, pastikan kalian punya komputer klien yang sudah terhubung dengan komputer server tadi. Disini karena kita pakai VirtualBox kita bisa menghubungkan Debian 10 dengan Komputer fisik kita dengan jaringan Host-only.

Menggunakan Windows

jika anda meremote server dengan windows, maka cukup mudah kita bisa gunakan aplikas saja yang didesain untuk melakukan remote server. Salah satu aplikasi yang terkenal di windows yang bisa melakukan remote server adalah Putty.

Image for post
Image for post
Image for post
PermitRootLogin          yes
Image for post

Menggunakan Linux

kita juga bisa meremote server menggunakan Linux. Sebagai Contoh saya akan coba memakai debian juga sebagai client untuk melakukan remote ke Server.

apt-get install openssh-client
Image for post
ssh <nama_user>@<alamat_ip> -p <port>
Image for post
Image for post
Image for post