Kamis, 09 Juli 2015

KI-KD Pemrograman Dasar

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)


BIDANG KEAHLIAN                :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MATA PELAJARAN                  :  PEMROGRAMAN DASAR
KELAS                                          :  XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.1      Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2      Mendiskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3      Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari.
1.4      Meningkatkan nilai-nilai keimanan dalam upaya untuk mencegah pengaruh negatif perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
2.     Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.     Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1      Mendiskripsikan operasi aritmatika
3.2      Mendiskripsikan operasi logika
3.3      Memahami penggunaan array 1 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.4      Memahami penggunaan array 2 dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.5      Memahami penggunaan array multidimensi untuk penyimpanan data di memori
3.6      Memahami operasi string
3.7      Mendiskripsikan konversi antar tipe data
3.8      Memahami konsep pointer
3.9      Mendiskripsikan penggunaan fungsi
3.10      Memahami penggunaan fungsi rekursif
3.11      Menerapkan pointer ke fungsi
3.12      Menerapkan header file dalam pemrograman
3.13      Menerapkan logika pencarian data
3.14      Menerapkan logika pengurutan data
3.15      Menerapkan bahasa pemrograman pada aplikasi bisnis
4.     Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

3.1      Memecahkan permasalahan perhitungan dengan operasi aritmatika
3.2      Memecahkan permasalahan logika dengan operasi logika
3.3      Menyajikan kumpulan data berdimensi 1 dalam bentuk array
3.4      Menyajikan kumpulan data berdimensi 2 dalam bentuk array
3.5      Menyajikan kumpulan data berdimensi banyak dalam bentuk array
3.6      Memecahkan permasalahan terkait operasi string
3.7      Memecahkan masalah konversi antar tipe data
3.8      Memodifikasi data melalui pointer
3.9      Memecahkan masalah prosedural menggunakan konsep fungsi
3.10         Memecahkan masalah prosedural menggunakan konsep fungsi rekursif
3.11         Memodifikasi data melalui pointer ke fungsi
3.12         Memodifikasi program prosedural menggunakan header file
3.13         Menyajikan logika pencarian data pada aplikasi bisnis
3.14         Menyajikan logika pengurutan data pada aplikasi bisnis
3.15         Memecahkan kasus aplikasi bisnis menggunakan konsep bahasa pemrograman prosedural