Jumat, 10 Juli 2015

KI-KD Simulasi Digital

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) /
MADRASAH  ALIYAH KEJURUAN (MAK)

BIDANG STUDI KEAHLIAN          :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN      :  TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
PAKET KEAHLIAN                            :  RPL / TKJ / MM
MATA PELAJARAN                          :  SIMULASI DIGITAL
KELAS                                                  :  X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

  1.1.    Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
  1.2.    Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
  1.3.    Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.     Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

  2.1.    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
  2.2.    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.     Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

3.1.  Menganalisis jenis-jenis materi digital
3.2.  Menganalisis jejaring sosial pendidikan
3.3.  Memahami cara pengunaan kelas virtual
3.4.  Memahami komunikasi online
3.5.  Memahami konsep pembuatan video presentasi
3.6.  Memahami teknik editing dalam video presentasi
3.7.  Memahami konsep simulasi 2 dimensi
3.8.  Memahami konsep simulasi 3 dimensi
3.9.  Memahami teknik pembuatan laporan digital
3.10. Memahami teknik publikasi laporan digital di internet
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1.      Menyajikan hasil analisis berbagai jenis materi digital
4.2.      Menyajikan hasil analisis penggunaan jejaring sosial pendidikan
4.3.      Mengolah layanan kelas virtual
4.4.      Mengolah aplikasi komunikasi online
4.5.      Menyajikan hasil pembuatan video presentasi
4.6.      Menyajikan hasil editing video presentasi
4.7.      Menyajikan hasil pembuatan simulasi 2 dimensi
4.8.      Menyajikan hasil pembuatan simulasi 3 dimensi
4.9.      Menyajikan hasil pembuatan laporan digital
4.10.      Menyajikan hasil publikasi laporan digital di internet