Selasa, 14 April 2020

Operasi Logika Aritmatik


Operasi Logika Aritmatik

Arithmatic Logic Unit (ALU)

Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem di dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. ALU bekerja besama-sama memori, di mana hasil dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori.
Perhitungan dalam ALU menggunakan kode biner, yang merepresentasikan instruksi yang akan dieksekusi (opcode) dan data yang diolah (operand). ALU biasanya menggunakan sistem bilangan biner (two’s complement). ALU mendapat data dari register. Kemudian data tersebut diproses dan hasilnya akan disimpan dalam register tersendiri yaitu ALU.

FULL ADDER


Operasi Logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)

Full Adder dapat digunakan untuk menjumlahkan bilangan-bilangan biner yang lebih dari 1bit. Penjumlahan bilangan-bilangan biner sama halnya dengan penjumlahan bilangan decimal dimana hasil penjumlahan tersebut terbagi menjadi 2bagian, yaitu SUMMARY (SUM) dan CARRY, apabila hasil penjumlahan pada suatu tingkat atau kolom melebihi nilai maksimumnya maka output CARRY akan berada pada keadaan logika 1.

Tabel kebenaran FULL ADDER 
Ket :
1 = Benar
0 = Salah

Jika setiap elemen yang dihubungkan salah satu ada yang Benar/(1) maka pernyataan pada percobaan Rangakaian Full Adder ini menunjukan pernyataan Benar/(1).


HALF ADDER


Operasi Logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)

Half Adder adalah suatu rangkaian penjumlahan sistem bilangan biner yang paling sederhana. Rangkaian ini hanya dapat digunakan untuk operasi penjumlahan data bilangan biner sampai 1bit saja. Rangkaian Half Adder memiliki 2 terminal input untuk 2 variabel bilangan biner clan 2 terminal output, yaitu SUMMARY OUT (SUM) dan CARRY OUT (CARRY). 
Persamaan logika dari rangkaian Half Adder adalah:


SUM = (A+B)(A.B) 
CARRY = A.B




Rangkaian Ripple Carry Adder



Operasi Logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
Ripple carry adder adalah kumpulan dari full adder yang dihubungkan carryoutdari full adder yang sebelumnya sebagai carry input untuk full adder berikutnya. Halini berfungsi untuk melakukan penjumlahan aritmatik bilangan binner denganjumlah n-bit dan diimplementasikan dengan n-full adder.Ripple carry adder adalahkumpulan dari full adder yang dihubungkan carryout dari full adder yangsebelumnya sebagai carry input untuk full adder berikutnya. Hal ini berfungsi untukmelakukan penjumlahan aritmatik bilangan binner dengan jumlah n-bit dandiimplementasikan dengan n-full adder.