KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) / MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) / MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
Mata Pelajaran : Dasar Design Grafis
Jam Pelajaran : 144 JP (@45 menit)
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
|
4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
|
3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB
|
4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.
|
3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
|
4.3 Menerapkan hasil prinsip- prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
|
3.4 Mendiskusikan berbagai format gambar
|
4.4 Menempatkan berbagi format gambar
|
3.5 Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
|
3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor
|
4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor
|
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
|
4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
|
3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor
|
3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
|
4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
|
3.10Menerapkan manipulasi gambar
raster dengan menggunakan
fitur efek
|
4.10 Memanipulasi gambar raster
dengan menggunakan fitur efek
|
3.11Mengevaluasi pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster)
|
4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)
|
3.12Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
|
4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
|