Rabu, 14 November 2018

KI-KD Dasar Design Grafis






KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) / MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)

BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA

Mata Pelajaran : Dasar Design Grafis
Jam Pelajaran  : 144 JP (@45 menit)





KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang

4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang

3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB

4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.

3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis

4.3 Menerapkan hasil prinsip- prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis

3.4 Mendiskusikan berbagai format gambar

4.4 Menempatkan berbagi format gambar

3.5 Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain

4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain

3.6 Menerapkan  perangkat lunak pengolah gambar vektor

4.6 Menggunakan  perangkat lunak pengolah gambar vektor

3.7 Menerapkan  manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek

4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek

3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor

4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor

3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)

4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)

3.10Menerapkan  manipulasi gambar
raster dengan menggunakan
fitur efek

4.10 Memanipulasi gambar raster
dengan menggunakan fitur efek

3.11Mengevaluasi pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster)

4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)

3.12Mengevaluasi  penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)

4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)