KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) / MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) / MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
Mata Pelajaran : Pemrograman Dasar
Jam Pelajaran : 144 JP (@45 menit)
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer
|
4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer
|
3.2 Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman
|
4.2 Melakukan Instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
|
3.3 Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer
|
4.3 Menulis kode pemrogram sesuai
dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman
|
3.4 Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi
|
4.4 Membuat kode program dengan
tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
|
3.5 Menerapkan operasi aritmatika dan logika
|
4.5 Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika
|
3.6 Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman
|
4.6 Membuat kode program struktur kontrol percabangan
|
3.7 Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman
|
4.7 Membuat kode program struktur
kontrol perulangan
|
3.8 Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori
|
4.8 Membuat kode program untuk
menampilkan kumpulan data array
|
3.9 Menerapkan penggunaan fungsi
|
4.9 Membuat kode program menggunakan fungsi
|
3.10 Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi
|
4.10 Membuat antar muka (User
Intreface) pada aplikasi
|
3.11 Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
|
4.11 Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi
antar muka (User Intreface).
|
3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
|
4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User
Intreface)
|
3.13 Mengevaluasi debuging
aplikasi pada sederhana
|
4.13 Menggunakan debuging pada
aplikasi sederhana
|
3.14 Mengevaluasi paket installer
aplikasi sederhana
|
4.14 Memformulasikan paket installer
aplikasi sederhana
|